Bahasa Pemrograman Dasar Terpopuler, Kamu Wajib Tahu!

Bahasa Pemrograman Dasar Terpopuler, Kamu Wajib Tahu!

Apa Itu Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Bahasa pemrograman merupakan serangkaian kata yang diwujudkan didalam sebuah instruksi atau perintah dan terdiri berasal dari banyak baris yang mampu dipahami oleh komputer.  Secara mendasar, bersama dengan adanya bhs pemrograman ini nantinya akan membawa dampak pc mengolah knowledge cocok bersama dengan instruksi yang diperintahkan.

Bahasa program pc ini kudu dipahami dan dikuasai oleh seorang Developer atau Programmer supaya bisa membawa dampak dan membangun sebuah aplikasi maupun software.

Untuk membawa dampak suatu aplikasi tertentu, akan digunakan bhs program pc yang cocok bersama dengan keperluan dari aplikasi yang akan dibikin nantinya. Jumlah dari bhs program pc sendiri memadai banyak dan beragam. Nah, dari sekian banyak bahasa pemrograman komputer, pasti tidak seluruhnya akan digunakan oleh seorang Developer. Hanya akan ada satu atau dua bhs program pc yang digunakan dalam membawa dampak software development.

Untuk bhs pemrograman pc yang paling kerap dipakai dan memadai kondang adalah Java dan C.

Setelah paham pengertian dan manfaat dari bhs pemrograman, di bawah ini lebih dari satu contoh bhs pemrograman terpopuler di kalangan Developer yang termasuk kudu anda ketahui. Catat dan pahami ya!

7 Contoh Bahasa Pemrograman Terpopuler di Kalangan Developer

1. Java

Java merupakan bhs program pc yang bisa digunakan dan ditunaikan di bermacam platform, di antaranya adalah PC hingga mobile. Bahasa program pc ini pada awalannya dikembangkan oleh Sun Microsystem pada The Green Project di th. 1991, namun sesudah itu program ini pun dilepaskan untuk Oracle.

Nama Java dipilih karena tidak benar seorang pendiri dari Java yang bernama James Gosling terlalu menyukai kopi murni (kopi tubruk) hasil gilingan mesin giling. Dan kopi tersebut berasal dari Pulau Jawa (Java, sebutan di jaman penjajahan Belanda)

Java sendiri merupakan tidak benar satu bhs program pc yang paling kondang karena mempunyai lebih dari satu kelebihan, seperti bisa terjadi di proses operasi yang berbeda. Java termasuk merupakan bhs program pc yang masuk kedalam pemrograman OOP yang berorientasi pada objek.

Adanya hal ini pasti saja memudahkan Programmer dalam menyusun program yang tengah dibuat. Selain itu, bhs ini termasuk mempunyai library yang lengkap supaya memudahkan Programmer dalam menggunakannya.

Aplikasi yang ada pada smartphone Anda pun dibikin bersama dengan mengfungsikan bhs program pc Java, lho. Hal ini menjadikan makin banyak Programmer yang menggunakannya karena banyak digunakan oleh masyarakat.

2. Bahasa Pemrograman C

Bahasa C merupakan bhs program pc yang tertua. Bahasa C ini dikembangkan pada th. 70an. Pembuat bhs C sendiri bernama Dennis Ritchie. Bahasa C memadai kondang di Indonesia karena nyaris lebih dari satu besar penggunanya adalah perguruan tinggi jurusan IT maupun instansi kursus pemrograman.

Bahasa C merupakan bhs program pc paling dasar sebelum saat Anda mempelajari bhs program pc lainnya. Jadi bisa dibilang bahwa bhs C inilah yang menjadi dasar sebelum saat kelanjutannya nampak bhs program pc lainnya.

3. PHP

PHP termasuk merupakan tidak benar satu jenis dari bhs pemrograman yang memadai kondang dan paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena gratis, PHP digunakan termasuk karena merupakan jenis bhs program pc server side scripting yang memang dirancang khusus untuk membangun sebuah web site dinamis.

Selain itu, ada banyak jenis web site ternama lainnya, seperti Facebook, WordPress, maupun Digg yang mengfungsikan bhs PHP dalam proses pengembangannya.

4. Visual Basic

Visual Basic merupakan tidak benar satu bhs program pc yang dikembangkan langsung oleh Microsoft. Bahasa program pc ini menawarkan ide visual dalam pembuatan softwarenya. Nah, pembuatan bhs program pc termasuk dikembangkan untuk target pembuatan software berbasis proses operasi Windows.

Visual dasar sendiri merupakan keturunan dari bhs proram Basic. Di Indonesia sendiri, terdapat sebuah group bernama Visual Basic Indonesia yang mempunyai lebih dari 22 ribu member. Wow!

5. Phyton

Dalam sebuah tingkatan bhs program komputer, untuk bhs Phyton merupakan bhs tingkat tinggi. Phyton termasuk dalam kategori bhs program pc yang bisa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi, baik itu yang berbasis web site maupun yang berbasis mobile.

Bahasa Phyton sendiri termasuk kedalam jenis bhs program pc yang memadai mudah dipelajari bagi pemula sekalipun. Hal ini karena bahasanya yang memadai mudah dibaca bersama dengan syntax supaya memadai mudah termasuk untuk dipahami.

Ada banyak perusahaan besar yang mengfungsikan bhs Phyton ini untuk keperluan pengembangan bisnis aplikasinya. Seperti halnya Pinterest dan Instagram. Selain itu, Phyton termasuk digunakan untuk pengembangan Google, Yahoo!, dan NASA.

6. C++

C++ merupakan bhs pemrograman yang dikembangkan dari bhs C. Bahasa C++ dan Bahasa C mempunyai syntax penulisan yang nyaris sama. Namun, ke dua bhs program pc ini mempunyai perbedaan pada penyelesaian masalahnya.

Pada bhs C, penyelesaian masalahnya ditunaikan bersama dengan membaginya kedalam sub-sub kasus yang lebih kecil atau biasa disebut bersama dengan bhs proram pc prosedural. Untuk Bahasa C++ sendiri lebih berorientasi pada objek, di mana permasalahannya dibagi kedalam kelas-kelas tertentu.

Bahasa C++ ini pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. C++ menjadi tidak benar satu bhs peogram pc paling kondang karena seringnya digunakan oleh perusahaan besar untuk membangun softwarenya, seperti pada Adobe, maupun Firefox.

Kesimpulan

Berbagai bhs pemrograman ini akan lebih mudah dipahami kalau anda mengimplementasikannya langsung! Bootcamp BINAR bisa beri tambahan pengalaman segera untuk mempelajari sekaligus praktik ngoding berasal dari basic sampai mahir.  Kamu bisa coba turut Bootcamp Full Stack Web Development, anda bisa akses materi gratisnya di Aplikasi BINAR untuk cobain pengalaman belajar Full Stack Web Development!

Comments

Popular posts from this blog

Harga Cold Storage Kapasitas 100 Ton di Depok, PT. BJT Indonesia

PT Unicon Precast Concrete Pemagaran Pagar Beton & Udicth Saluran di Jawa Tengah

Rumah Dijual Bandung Murah